Areen & Noi. Powered by Blogger.
RSS

Learning in a Simple Way: Kiat Sukses Lulus Sertifikat Goethe A1

Sertifikat Goethe A1 adalah sertifikat tes bahasa jerman dasar yang biasanya diperlukan untuk pengurusan visa tinggal lebih dari 3 bulan di jerman, misalnya visa kumpul keluarga. Ini adalah tips singkat berdasarkan pengalaman saya untuk lulus tes tersebut:

1. Jika kita belum memiliki basic bahasa jerman, sebaiknya kita mempelajari dulu dasar-dasarnya baik dengan kursus maupun otodidak. Bahasa jerman berbeda dibandingkan dengan bahasa Inggris. Menurut saya structure dan grammar bahasa jerman lebih ribet (◔◡◔). Jika ingin kursus setidaknya kita melewati level A1.2, sedangkan bila ingin belajar sendiri, sesuaikan dengan mempelajari materi hingga level A1.2. Buku yang dipakai biasanya terbitan Cornelsen yang telah dilengkapi dengan CD-nya.


2. Mempelajari buku Start Deutsch 1. Fit fürs Goethe-Zertifikat A1, Tips und Ubungen terbitan Hueber. Inilah buku yang sangat penting karena menuntun kita secara bertahap untuk menghadapi tes A1. Jadi sebisa mungkin dapatkan buku ini. Selain terdapat tips untuk menghadapi tes A1, dalam buku ini juga bisa kita lihat skenario ujian, alokasi waktu maupun sistem penilaiannya. Mendapatkan buku ini bisa dengan meminjam atau membeli secara online, namun jika sulit mendapatkan buku ini bisa didownload. Sayangnya kualitas buku yang pernah saya download sangat minimal dan saya pun lupa menyimpan linknya. (´・_・`)  Tetapi jangan khawatir, ada model test A1 yang bisa didownload di sini:  http://www.telc.net/fileadmin/data/pdf/telc_deutsch_a1_uebungstest_1.pdf

3. Mencari contoh-contoh soal sebanyak mungkin, misalnya di website Goethe di bawah ini:
http://www.goethe.de/lrn/prj/pba/bes/ft1/mat/enindex.htm


Inilah tips yang sudah saya praktekkan dan alhamdulillah saya lulus tes A1 dengan predikat sehr gut. Selamat belajar, good luck! :-)




 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment